My First Paper

A dream doesn’t become reality through magic; it takes sweat, determination and hard work.

Helowww reader!! Whats up?!! *gaya bener ya saya, hahaha. Pertama-tama saya mau mengucapkan Happy New Year 2017, semoga kita semua makin sukses ya.. Amin Ya Rabbalalamin.. Dan saya mau meminta maaf yang sedalam-dalamnya karena sudah lama tidak mengisi blog ini dengan curcol saya, (pembukaan yang santun sekali ya.. hahaha), maklum aja reader, ga tau kenapa saya lagi males banget curcol alias ngetik diblog, rencana saya untuk membuat tulisan tentang kilas balik 2016 aja ga jadi saya kerjakan, latar belakangnya apalalgi kalau bukan MA… the LAS.. hahaha… Anyway kali ini saya mau curcol sedikit tentang pengalaman saya di 2016 kemarin yang membuat saya tidak sempat menulis. Buat yang penasaran, dibaca sampai habis ya, bermanfaat banget loh.. curcol saya kali ini (huahahaha sok sekali ya..) kalau ga mau baca yo wes ga usah dilanjut bacanya, hahaha..

Jadi untuk pertamakalinya di tahun 2016 saya membuat sebuah paper (atau nyebutnya penelitian) yang dimana, hal itu merupakan keharusan bagi saya yang mempunyai pekerjaan yang amat sangat mulia ini.. *perezzzz deh.. Kalau kalian memilih pekerjaan seperti saya, maka niscaya hidup kalian akan lebih bermanfaat dan bermartabat karena hidup kalian akan diisi dengan ilmu-ilmu baru, bacaan ilmiah dan pengalaman pengetahuan yang kaya (WOAH!!! berasa WOW banget yak.. kata-katanya!! hahaha) tapi sejujurnya itu benar adanya *emot nyengir. Namun, Taukah kalian? bahwasanya.. saya awalnya sangat tidak menginginkan pekerjaan ini, karena saya tidak menyenangi hal-hal yang berbau PENELITIAN.. huahaha.. Padahal penelitian adalah salah satu tugas pokok di pekerjaan ini selain mengajar. Tetapi bagaimanapun akhirnya Allah SWT sudah menggariskan hidup saya untuk menekuni pekerjaan ini, ya sudah.. diajalani, disyukuri dan percaya saja bahwa ini pekerjaan terbaik yang Allah SWT pilihkan untuk saya.

Singkat cerita, saya akhirnya masuk ke dalam pekerjaan ini, dan seperti yang saya sudah duga sebelumnya, dimana harus ada keharusan untuk membuat penelitian, maka saya pun tidak menghiraukan. Disaat teman-teman saya berlomba-lomba untuk membuat penelitian, Saya?? San..taaaaiii… ga goyah oleh apapun untuk  tetap… TIDAK mengerjakan penelitian, huahahahahaha.. (geblek banget yak??). Yap! saya lebih memilih untuk mengurus laboratorium karena memang pada saat itu saya baru diamanahin tanggung jawab mengurus lab, lebih memilih untuk menonton drama korea (buahahahaha yang ini teteup ga mau ditinggal..) dan sibuk mengajar. Akhirnya sampai di pertengahan tahun 2016 saya disadarkan oleh teman saya (nama tenarnya rose dowsen, hahaha.. biar dia terkenal) bahwa jika saya tidak membuat penelitian saya tidak akan bisa naik pangkat, karir saya akan ketinggalan dengan teman-teman yang lain. Ya sudlah.. Setelah dipikir-pikir lagi, iya juga ya, kalau saya ga buat penelitian sekarang, maka karir saya akan mandek, mumpung saya masih belum berumah tangga juga (backsong-nya lagu sedih, melow, mendayu-dayu… hohohoho..), sehingga saya masih banyak waktu sehingga bisa membuat penelitian. Akhirnya.. I decided to make a research proposal, dan ternyata dari situlah awal jalan saya untuk menghasilkan sebuah paper.

Setelah itu, saya dipertemukan dengan dosen senior yang ternyata tertarik dengan judul penelitian yang saya ajukan, kemudian beliau menawarkan untuk bekerja sama membuat penelitian bersama yang akan dimasukkan ke dalam Seminar Nasional pada bulan desember di Makassar. Awalnya saya bingung, saya bertanya apa saya mampu? Tetapi saya berpikir kalau tidak sekarang, kapan lagi?? Akhirnya.. I challenged myself to accept his invitation. I forced myself to researching. Dan saya pun mulai berkutat dengan jurnal-jurnal, mulai menulis, belajar hal-hal baru dan metode baru yang sebelumnya saya belum pelajari. Setiap hari saya mengerjakan penelitian saya, drama korea pun saya tinggalkan (maapkan saya oppa… demi masa depan.. hiks), hal-hal yang kurang penting seperti nonton dan jalan2 saya kurangi juga, saya benar-benar fokus membuat paper!

Alhamdulillah, usaha yang sungguh-sungguh dan pengorbanan yang saya lakukan tidak sia-sia, paper tersebut selesai dan berhasil lolos di seminar nasional. Rasanyaaa… Ya Allah.. Bangga, terharu, bener-bener ga nyangka paper saya bisa lolos. This is the first time I attended a national seminar and I presented my paper.

Seminar Nasional Riset Ilmu Komputer yang saya ikuti :D

Seminar Nasional Riset Ilmu Komputer yang saya ikuti 😀

Dan sayapun berangkat ke Makassar untuk mempresentasikan paper saya. Bersyukur banget kepada Allah SWT berkat kerja keras saya bisa ke Makassar, kota yang belum pernah saya kunjungi, dibiayai pula sama kantor. Woahhhh!!! Alhamdulillah..

Makassar!!

Pertama kalinya saya ke kota Makassar! So Excited! 🙂

Persentasi Paper yang saya buat. Gugupnya.. baru pertama kali sih.. :D

Persentasi Paper yang saya buat. Gugupnya.. baru pertama kali sih.. 😀

Kalau dilihat dari luar mungkin banyak yang bilang, wah enak ya jalan-jalan, tapi sesungguhnya mereka ga tau bagaimana prosesnya, bagaimana jungkir baliknya saya menjalani sebuah proses sehingga akhirnya bisa jalan-jalan tanpa mengeluarkan biaya. Jadi, jangan pernah melihat kesuksesan seseorang pada saat sekarang karena kita tidak pernah tau apa yang sudah dia lalui (self reminder!!).

Dari dulu, saya selalu yakin dan percaya akan janji Allah SWT bahwa apapun yang kita kerjakan, apabila kita bersungguh-sungguh disertai dengan doa dan pengorbanan maka hasil yang kita harapkan bahkan lebih akan terwujud. So, jangan pernah meremehkan namanya kerja keras, usaha dan doa. Buat kalian-kalian (khususnya anak muda) jangan menyerah dalam belajar, usaha terus menerus, kerja keras dan bersungguh-sungguh buat mencapai apa yang kalian inginkan. Yakinlah! bahwa suatu saat akan terwujud. Remember, result will never betray the process. Keep striving for reach your dream!

Semoga curcol saya kali ini bisa menginspirasi buat reader semua, saya percaya bahwa penelitian ini adalah awal dari penelitian-penelitian saya selanjutnya, mohon doanya ya reader agar di tahun 2017 ini saya lebih produktif lagi dalam menulis, baik menulis blog maupun menulis penelitian. Amin Ya Rabbalalamin.. Dan semoga ditahun ini saya menemukan belahan jiwa saya (tetep aja diselipin, mohon diaminkan ya… hehehe). Kalau kalian mau lihat hasil penelitian saya silahkan ke https://www.academia.edu/30456634/PENERAPAN_METODE_K-MEANS_DALAM_PENGELOMPOKKAN_CURAH_HUJAN_DI_KALIMANTAN_TIMUR
Semoga bermanfaat! Happy reading! See you in the next article! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s